SEDIKIT PENGETAHUAN TENTANG HIV / AIDS

Apakah HIV itu?

https://herryclay.files.wordpress.com/2010/08/th_aids23_1.gif?w=300Human immunodeficiency virus (HIV) menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh, menghancurkan atau merusak fungsi kekebalan tubuh. “Infeksi virus dengan hasil kerusakan progresif dalam sistem kekebalan tubuh, mengarah ke “immune deficiency” (kekebalan tubuh yang kurang baik). Sistem kekebalan dianggap kurang baik ketika sistem kekebalan tubuh tidak dapat lagi memenuhi fungsinya memerangi infeksi dan penyakit. Infeksi yang berkaitan dengan defisiensi kekebalan yang parah yang dikenal sebagai “infeksi oportunistik,” karena mereka mengambil keuntungan dari sistem kekebalan tubuh melemah.

https://i2.wp.com/www.teenaids.org/Portals/0/Images/whatIsAIDS-pic3.gif

gambar: skema ventuk tubuh virus HIV

Gambar: tubuh virus HIV dengan mikroskop elektron

Apakah AIDS?

Acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) adalah istilah surveilans didefinisikan oleh Amerika Serikat Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan oleh Pusat Monitoring Eropa untuk epidemiologi AIDS (EuroHIV). Istilah AIDS berlaku untuk sebagian besar tahap lanjut infeksi HIV, ditetapkan oleh kejadian apapun lebih dari 20 infeksi oportunistik atau kanker terkait HIV.

Bagaimana HIV ditularkan?

HIV dapat ditularkan melalui hubungan seksual tanpa kondom (vagina atau dubur), dan seks oral dengan orang yang terinfeksi, transfusi darah yang terkontaminasi; dan berbagi jarum suntik terkontaminasi, jarum suntik atau alat tajam lainnya. Hal ini juga dapat ditularkan antara ibu dan bayinya selama kehamilan, persalinan dan menyusui.

Seberapa cepat seseorang yang terinfeksi HIV berkembang menjadi AIDS?

Panjang waktu dapat sangat bervariasi antara individu. Waktu yang tidak diobati, sebagian besar orang yang terinfeksi HIV akan mengembangkan tanda-tanda yang berhubungan dengan penyakit HIV dalam waktu 5-10 tahun. Namun, waktu antara infeksi HIV dan diagnosis AIDS dapat berkisar antara 10-15 tahun, kadang-kadang lebih lama. Antiretroviral therapy (ART) dapat memperlambat perkembangan penyakit dengan mengurangi beban orang terinfeksi virus tersebut.

Apakah ancaman terbesar kehidupan infeksi oportunistik yang paling mempengaruhi orang yang hidup dengan HIV / AIDS?

Tuberkulosis (TBC) membunuh hampir seperempat juta orang yang hidup dengan HIV setiap tahun. Ini adalah nomor satu penyebab kematian di antara orang yang terinfeksi HIV di Afrika, dan merupakan penyebab utama kematian populasi di seluruh dunia. Perawatan kesehatan strategi tiga inti sangat penting untuk membalikkan program HIV / TB:

  • Mengintensifkan penemuan kasus (intensified case finding/ICF) untuk TB aktif
  • Pengobatan pencegahan isoniazid (isoniazid preventive treatment/IPT)
  • Pengendalian infeksi TB (infection control/IC).

Berapa banyak orang yang hidup dengan HIV?

Menurut estimasi oleh WHO dan UNAIDS, 33.400.000 orang yang hidup dengan HIV pada akhir tahun 2008. Pada tahun yang sama, sekitar 2.700.000 orang menjadi yang baru terinfeksi, dan 2,0 juta meninggal karena AIDS, termasuk 280.000 anak-anak. Dua pertiga dari infeksi HIV ditemukan di sub-Sahara Afrika.

Bagaimana bisa saya membatasi risiko penularan HIV saya melalui seks?

  • Gunakan kondom laki-laki atau perempuan dengan benar setiap kali Anda berhubungan seks.
  • Praktik seks hanya non-penetrasi.
  • Tetap setia dalam hubungan dengan pasangan yang tidak terinfeksi, juga setia dalam tanpa perilaku berisiko lainnya.
  • Menjauhkan diri dari seks, terutama seks bebas.

Apakah sunat laki-laki mencegah penularan HIV?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sunat laki-laki dapat mengurangi risiko tertular HIV walaupun seks. Namun, tidak 100% efektif, sehigga laki-laki disunat masih bisa menjadi terinfeksi. Sunat benar-benar dapat meningkatkan risiko penularan jika luka belum sembuh benar setelah operasi. Selain itu, laki-laki HIV-positif yang disunat dapat menginfeksi pasangan seksualnya.

Sementara sunat laki-laki bukanlah pengganti metode lain yang dikenal pencegahan HIV, harus dipertimbangkan sebagai bagian dari strategi pencegahan yang komprehensif.

Seberapa efektifkah kondom dalam mencegah HIV?

kondom adalah satu-satunya produk yang saat ini tersedia sebagai pelindung terhadap infeksi menular seksual (IMS), termasuk HIV. Ketika digunakan dengan benar pada setiap hubungan seksual, kondom merupakan alat yang terbukti untuk mencegah infeksi HIV pada perempuan dan laki-laki. Namun, beberapa dari pantangan yang perlu diingat bahwa tidak ada metode perlindungan yang 100% efektif.

Apa manfaat dari tes HIV?

Mengetahui status HIV dapat memiliki dua manfaat penting:

  • Jika Anda mengetahui bahwa Anda HIV positif, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan sebelum gejala muncul untuk mengakses pengobatan, perawatan dan dukungan, sehingga berpotensi memperpanjang hidup Anda selama bertahun-tahun.
  • Jika Anda tahu bahwa Anda terinfeksi, Anda dapat mengambil tindakan untuk mencegah penyebaran HIV kepada orang lain.

Apakah obat antiretroviral?

Obat antiretroviral digunakan dalam pengobatan dan pencegahan infeksi HIV. Obat ini bekerja untuk melawan HIV dengan menghentikan atau mengganggu dengan reproduksi virus dalam tubuh.

Bagaimana status terkini mengenai pengobatan antiretroviral (ART)?

Sekitar 5.200.000 orang di negara terbelakang dan negara-negara berkembang yang menerima terapi antiretroviral HIV pada akhir tahun 2009. Sampai dengan tahun 2003, biaya obat-obatan tinggi, infrastruktur perawatan kesehatan yang lemah atau tidak memadai, dan kurangnya sumber pembiayaan menghalangi penggunaan luas kombinasi ART di negara terbelakang dan negara-negara berkembang. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, peningkatan komitmen politis dan keuangan telah memungkinkan dramatis perluasan akses terhadap terapi HIV.

Apakah ada obat untuk HIV?

Tidak, tidak ada obat untuk HIV. Tetapi dengan dan terus patuh terhadap pengobatan antiretroviral, perkembangan HIV dalam tubuh dapat diperlambat.

apakah perawatan lain untuk orang yang hidup dengan HIV perlu?

Selain ART, orang yang hidup dengan HIV membutuhkan dukungan konseling dan psikososial. Akses ke gizi yang baik, air bersih dan kebersihan dasar juga dapat membantu orang yang terinfeksi HIV mempertahankan kualitas hidup yang tinggi.

    • max
    • December 4th, 2010

    terima kasih untuk informasinya mengenai HIV semoga bermanfaat bagi kita semua…
    dan membuat orang yang membacanya dapat menghindari penyakit ini

    • yodit
    • July 21st, 2012

    apakah benar penularan penyakit HIV dikatakan menular atau tidak menular dilihat dari 6 bulan sejak berhubungan intim?

  1. wawasan Gue Jdi bertambah nih, Thangs

  2. Blog Baru ane gan baru bikin beberapa hari, Catatan Sederhana

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: