Debat islam vs kristen DR.m. zakir naik vs dr. william …

debat pembahasan tentang Kesesuaian Al Qur’an dan Injil di pandang dari segi Ilmu pengetahuan. ada beberapa part video. dan ini salah satunya. postingan ini hanya dimaksudkan untuk semata agar orang tahu dan meniali sendiri. bukan untuk memprovokasi.

untuk lebih lengkapnya, klik tautan video berikut ini.
About these ads
  1. Mudah-mudahan tidak ada maksud lain, kecuali sekedar untuk di ketahui oleh pemeluk agama terkait, jangan memancing di air keruh, memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.jangan jadi provokator dan penyebab kekisruan..

    • ignatius arwoko
    • September 28th, 2010

    saya liat video ini dan saya jadi ragu dgn agama saya sendiri. Dr. William sama sekali tak mampu menjelaskan secara nalar.

  2. inilah buah pekerjaan setan melalui parah tokoh-tokoh agama dunia…seperi yg kita lihat dalam video….kedua pihak Islam n Kristen….berdebat soal kebenaran dari kitabnya masing2, yg padahal dalam kehidupannya tidak mereka lakukan dalam kehidupan seperti yg tertuang dalam kitab itu…agama adalah wadah/saluran akan hubungan manusia dgn sang PENCIPTANYA..dan kitab cuci..alquran dan alkitab adalah firman Allah yg dibukukan oleh manusia,melalui penglihatan dsb/nubuat… so…kebenaran itu hanya milik Tuhan Allah….tidak ada siapa pun dimuka bumi ini yang benar….!!!!!

  3. tak ad maksud lain lain kawan. but jika ada yang merasa tersinggung, saya mohon maaf. saya mengerti sekali kalo setiap orang punya penilaian sendiri akan suatu hal. semua kembali kepada diri sendiri.

    Jika ada yang ingin postingan ini di hapus, request me baik2.
    Sebelumnya saya mohon maaf pada para pembaca sekalian. :)

    • Rukmana Dinata
    • October 19th, 2010

    meskipun belum lihat isi dari Vidio tersebut saya yakin kebenaran akan nampak dari masing-masi agama, cuman barangkali akan terlihat kebenaran yang paling absah ada di pihak mana, tinggal terserah masing-masing semakin yakin yang mana dari uraian tersebu, gitu coooyyy!

    • erwin
    • November 13th, 2010

    agama memang perlu dicari, kebenaran perlu ditemukan,jangan hanya agam keturunan saja,jadi ini sangat baik menurut saya.dari situ kita yg menilai masing 2x. Thanks.

    • julius
    • December 2nd, 2010

    saya juga sebagai orang protestan, sudah sangat tidak masuk akal setelah ku kaji Al kitab/bible ku . semakin ku yakin al kitab sudah terkontaminasi tangan-tangan manusia (Paulus) dan pihak gereja yang nota bene telah merubah aturan tuhan dengan aturan-aturan manusia. berdasarkan hasil musyawarah pihak gereja seperti hari ibadah yang seharusnya hari sabat, kok malah hari minggu. padahal dalam Al Kitabpun tidak ada satu ayatpun yang menyatakan hari peribadatan hari Minggu. yang adapun hari pertama minggu. sungguh tak dimengerti…..belum yang lainnya?

  4. kasiank jow kalian nasrani……….
    mengapa kalian gak pernah pikirin dan mengambil apa yang telah nyata ada dihadapan kalian,,,,,,,,,,,,,
    bahwa jelas kitab kalian kristen sudah terubah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    mengapa kalian gak mau kembali kepada jalan yang benar yang nyata,,,,,,,,,,,,,,,,
    dr wiliam,,,,sangat bodoh,,,,,,,,,,mempaparkan konsep gak jelas dan gak bisa diambil oleh akal…atau tidak bisa dirasionalka,……………..nnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

    • bEkti
    • December 15th, 2010

    good

  5. assalamualaikum..Jika kita kuliah maka skripsi ato tesis yg kita buat maka akan ditanya sumber dan dalilnya..tanpa sumber dan dalil yang benar mustahil skripsi n tesis kt lolos..agama itu mutlak serius lebih dari apapun nilainya dan urusan agama sangat menentukan hidup mati jd sudah selayaknya kt harus memperhatikan sumber dan dalilnya sebaik-baiknya..jika benar ambillah agama itu apapun resikonya, jika salah tinggalkanlah apapun resikonya..marilah kita terus mengkaji agama untuk mengetahui mana yg benar dan salah, manusia diberi akal untuk menentukan keselamatan, gunakanlah sebelum kita tutup usia sedang kita dalam keadaan merugi. janganlah ragu memilih agama yang terbaik, kajilah kitab sucinya jgn kaji oknum2 jahat didalamnya..

    • rantong
    • December 28th, 2010

    Cuba teliti lagi video ini……. perhatikan dengan baik2… Saya tahu bahawa semua ini adalah alih suara bukan suara sebenar, dan alih suara ini adalah tidak benar….dimana perkataan yang disebut adalah lain daripada reality pada video sebenar..Ini ada motif tersendiri mengapa video ini di tayangkan dengan suara telah di tukar… fikir2..

    • medy
    • January 6th, 2011

    ‎​​​​​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه. Subhanallah,saya bahagia sekali terlahir dari keluarga islam,buat teman”kristen saya ingin kalian membaca lagi kitab kalian dengan benar,semoga hati kalian dibukakan oleh اَللّهُ SWT,aminn

    • medy
    • January 6th, 2011

    Coba perhatikan lagi. Sebelumnya:
    PROKLAMASI KRISTEN & KETUHANAN YESUS

    PUISI KENIKMATAN CINTA

     
    (Kidung Agung 7:1-13)

    Betapa indah langkah-langkahmu dengan sandal-sandal itu, puteri yang berwatak luhur! Lengkung pinggangmu bagaikan perhiasan, karya tangan seniman. 

    Pusarmu seperti cawan yang bulat, yang tak kekurangan anggur campur. Perutmu timbunan gandum, berpagar bunga-bunga bakung. 

    Seperti dua anak rusa buah dadamu, seperti anak kembar kijang. 

    Lehermu bagaikan menara gading, matamu bagaikan telaga di Hesybon, dekat pintu gerbang Batrabim; hidungmu seperti menara di gunung Libanon, yang menghadap ke kota Damsyik. 

    Kepalamu seperti bukit Karmel, rambut kepalamu merah lembayung; seorang raja tertawan dalam kepang-kepangnya. 

    Betapa cantik, betapa jelita engkau, hai tercinta di antara segala yang disenangi. 

    Sosok tubuhmu seumpama pohon korma dan buah dadamu gugusannya. 

    Kataku: “Aku ingin memanjat pohon korma itu dan memegang gugusan-gugusannya. Kiranya buah dadamu seperti gugusan anggur dan nafas hidungmu seperti buah apel. 

    Kata-katamu manis bagaikan anggur!” Ya, anggur itu mengalir kepada kekasihku dengan tak putus-putusnya, melimpah ke bibir orang-orang yang sedang tidur!  

    Kepunyaan kekasihku aku, kepadaku gairahnya tertuju. 

    Mari, kekasihku, kita pergi ke padang, bermalam di antara bunga-bunga pacar! 

    Mari, kita pergi pagi-pagi ke kebun anggur dan melihat apakah pohon anggur sudah berkuncup, apakah sudah mekar bunganya, apakah pohon-pohon delima sudah berbunga! Di sanalah aku akan memberikan cintaku kepadamu! 

    Semerbak bau buah dudaim; dekat pintu kita ada pelbagai buah-buah yang lezat, yang telah lama dan yang baru saja dipetik. Itu telah kusimpan bagimu, kekasihku!  

    (Firman Tuhan atau rangsangan sex?)

    Tambahan tentang coitus interuptus (onani) dalam Alkitab: 

    Kitab Kejadian:

    38:8 Lalu berkatalah Yehuda kepada Onan: “Hampirilah isteri kakakmu itu, kawinlah dengan dia sebagai ganti kakakmu dan bangkitkanlah keturunan bagi kakakmu.”
     
    38:9 Tetapi Onan tahu, bahwa bukan ia yang empunya keturunannya nanti, sebab itu setiap kali ia menghampiri isteri kakaknya itu, ia membiarkan maninya terbuang, supaya ia jangan memberi keturunan kepada kakaknya. . Hemmm anda bisa menilai sendiriii apakah ini benar benar firman tuhan,masya اَللّهُ

    • soepandinata
    • January 10th, 2011

    lalu maksud ayat ini apa sebenarnya :

    1 Korintus 4:12-13 :
    12. kami melakukan pekerjaan tangan yang berat. Kalau kami dimaki, kami memberkati; kalau kami dianiaya, kami sabar;
    13. kalau kami difitnah, kami tetap menjawab dengan ramah; kami telah menjadi sama dengan SAMPAH DUNIA, sama dengan KOTORAN dari segala sesuatu, SAMPAI SA’AT INI.

    • edy
    • January 11th, 2011

    menurut saya..
    kita bisa lihat kebenaran agama itu dari hasil setiap individunya..

    Islam membenarkan kitabnya karena menuduh kitab kristen (yang semula adalah kitab dari TUHAN) telah dirubah(banyak dirubah dari konteks aslinya) maka dari itu islam mengklaim Kitabnyalah yang benar dan ALKITAB itu sudah salah.

    Pertanyaan mendasar:
    1. APAkah Kitab yang berasal dari Tuhan, bisa/mampu di rubah oleh manusia yang merupakan hanya ciptaan.?
    jawaban: bisa saja, tapi :
    tidak mungkin semua kitab di palsukan atau dirubah pasti ada yang asli.
    hingga sekarang tidak ada satu manusiapun yang membuktikan atau mendapatkan dan menunjukkan mana kitab yang asli.. dan mana yang tidak.

    menurut saya kitab yang semula adalah firman Tuhan (INJIL) TIDAK BERUBAH SAMA SEKALI.

    mungkinkah kita lebih berkuasa dari Tuhan. Tidak…!!
    makanya Kitab Tuhan bisa saja dipalsukan manusia tetapi tidak bisa berkuasa atas kitab asli (firman Tuhan yang sebenarnya) karena TUHAN punya kuasa dan otoritas menjaga Firmannya sendiri..

    Dan tidak mungkin bagi manusia merubah secara menglobal.. merubah satu, dua atau 100 kitab mungkin.. tetapi secara global maka Kitab asli tetap dijaga Tuhan.

    • rahmat
    • January 16th, 2011

    Memang kebenaran hanya milik Tuhan dan memang yang semula adalah firman Tuhan itu asli dan tidak bisa di intervensi, yang menjadi pertanyaan adalah “bagaimana Tuhan menyatakan KEBENARANNYA? karena kalo Tuhan tidak menyatakan kebenarannya,maka manusia akan TERSESAT dan sia-sialah penciptaan segala mahluk”.

    Jawabannya adalah, Tuhan menyatakan kebenarannya ya…lewat firmanNya yang diwahyukan kepada para Nabi dan Rasul. firman/wahyu itu ada yang ditulis dibatu,dikulit binatang dan yang diingat/dihafalakan dsb.

    Yang menjadi masalah adalah…Tabiat manusia yang cenderung menuruti hawa nafsu tdk terpuji. harta, tahta dan wanita telah menggoda mereka untuk meng-intervensi firman/wahyu Tuhan demi kepentingan sendiri atau kelompok.

    jika mencari tau bagaimana Al-Qur’an dan Alkitab ditulis sehingga bisa menjadi seperti sekarang ini…barulah kita tau dan bisa menilai tingkat autentitas/keaslian firman/wahyu Tuhan yang ditulis manusia.

    Tinggal sekarang kita…apakah cukup cerdas untuk bisa menilai keasllian suatu kitab suci, karena sedikit saja rasanya diperlukan akal sehat untuk hal itu…jadi sedikit saja akal sehat yang diperlukan.

    • rahmat
    • January 17th, 2011

    Kenapa saya bilang “Hanya butuh sedikit kecerdasan/akal sehat untuk mengetahui keaslian suatu kitab suci?”
    Karena:
    1. Kita bisa membedakan antara kitab suci itu firman/wahyu atau hanya dongeng anak2 ingusan.
    2. jika kita menerima berita yang saling kontradiktif maka tidak mungkin keduanya benar, mungkin keduanya salah…atau ada salah satu yang benar dan pasti yg satunya salah. Tuhan mustahil berbuat salah.
    3. yang paling mustahil adalah bahwa Tuhan menyatakan satu hal yang sama tapi saling bertentangan…itu namanya tuhan plin-plan.

    KESIMPULAN:
    1.Memang…Adalah Tuhan yang paling benar, kita tidak akan tahu KEBENARAN TUHAN itu jika tidak dikasih tahu sama Tuhan.
    2.Jika telah nyata/jelas kebenaran itu…jangan sok saleh menolak kebenaran itu-sedang posisi kita didalam kesalahan- dengan pernyataan…ah kan yang paling benar itu Tuhan.

    NB:
    Untuk RANTONG…yang anda saksikan memang hasil dubbing dan diterjemahkan kedalam bhs Indonesia, tapi jika anda rajin sedikit untuk terus browsing, ada serial bahasa inggrisnya…dan INTISARINYA TIDAK BERBEDA…
    Yang jelas, M. Zakir Naik memang orator ulung, cerdas, hapalannya kuat dan sangat tekun Puasa Sunat…beliau tidak butuh mimbar untuk menaruh materi bacaan, jadi tidak kerepotan kayak campbell

    • chandra pits
    • January 26th, 2011

    Sungguh manusia dalam keaadaan yang merugi.jikalau kita hanya mempeributkan agama siapa yg paling benar,tanpa mau menjalankan semua syari’atnya.mari kepada seluruh umat islam diseluruh dunia,kita bersatu melawan kesesatan yg ditebar oleh antek-antek dhazal laknatullah.terutama para zionis israel beserta antek-anteknya.lawan missionaris dengan tauhid yang kuat.

    • eko purwanto
    • February 20th, 2011

    Jelas, sangat jelas, bagi yang berakal sehat akan tahu mana yang benar dan tidak, tetapi bagi yang akalnya tidak full jelas tumpul atau sama dengan buta hati.

    • Avantasia
    • March 11th, 2011

    Muhammad ingin membawa orang-orang Kristen di Semenanjung Arabia untuk menjadi Islam. Jadi ia menyaksikan kepada mereka apa yang didengarnya tentang Yesus dari para budak Kristen, dari utusan gereja-gereja di Yaman Utara, dari para pengembara dari Etiopia, dan dari sahabat-sahabat Hanifnya, sekarang orang-orang Kristen. Muhammad sangat terkesan dengan Putera Maryam dan segala mujizatnya. Ia menyadari bahwa mujizat ini melebihi kuasa manusia dan karena itu ia menganggap hal itu sebagai bukti (bayyinaat) dari otoritas keilahian-Nya (Surat al-Baqara 2:87, 253; al-Ma’ida 5:110; al-Zukhruf 43:63; al-Saff 61:6).
    “Sungguh telah dekat hari qiamat, dan bulan pun telah terbelah
    (Q.S. Al-Qamar: 1)”
    Bulan sekarang aja bisa bentuk unik2,ada sabit,ada separuh dll.Sekarang aja kiamat belum datang2 kok udah bilang kiamat duluan to ???

    Di dalam ayat Al-Qur’an mujizat-mujizat Yesus disebut sebagai tanda (‘aayaat) dari missi ilahinya (Surat Āl ‘Imran 3:49.50; al-Ma’ida 5:114).
    Āl ‘Imran 3:45

    Kalau anda membaca kalimat singkat yang ditegaskan sampai dua kali di dalam Al-Qur’an bahwa Yesus bisa membangkitkan orangmati, mungkin anda akan sangat terkejut (Surat Āl ‘Imran 3:49; al-Ma’ida 5:110). Di dalam dua ayat ini anda akan menemukan kata dalam bentuk jamak, bukan dalam bentuk tunggal! Dalam bahasa Arab itu berarti bahwa Kristus membangkitkan lebih dari dua orang, atau paling tidak tiga orang dari kematian
    Nabi ISA atau Yesus tidak mati tp bangkit pada hari ke 3.
    Yesus saja bisa membangkitkan orng mati dan itu ditulis dan diakui dlm alquran kok kebangkitan-NYA dibelokan menjadi mati???
    Isa yang masih muda membuat bentuk burung dari tanah liat, meniupnya, dan burung itu kemudian terbang! (Surat Āl ‘Imran 3:49; al-Ma’ida 5:110)
    Hanya Tuhan Allah yang maha Esa saja yg bisa menciptakan mahkluk hidup didunia ini.Cam kan ini dengan jelas.

    • helloween
    • March 11th, 2011

    Neng negoro iki seng penting gawe peci karo jilbab lak wes aman.
    ameh anarkis,korupsi,tak lapo ae tetep aman,gak ono hukum seng iso ngelawan.
    seng ora gawe peci karo jilbab di idek2 yo iso lapo??
    ADILKAH??
    AGAMANYA ADILKAH??

    • jin
    • March 12th, 2011

    agama itu di kaji bukan untuk alat saling caci maki..
    udah di kaji dulu dan jgn dulu merasa benar..
    terus di kaji jgn malu bertanya.
    malu bertanya sesat di neraka.

    • Saif
    • March 19th, 2011

    Saya menyukai ini buat pengalaman ana….

    • Saif
    • March 19th, 2011

    Gmana cara donwload Video ini…

    • helloween
    • March 19th, 2011

    Jangan mengkaji agama.itu sama saja dengan mengkaji Tuhan YME.
    Kajilah saja prilaku para pemeluk agama tersebut.

    • Saif
    • March 27th, 2011

    Tuhan itu Hrs di kaji supaya kita bisa mengenalnya siapa Tuhan yang patut dipercayai/diyakini dgn sebenatnya, Kerena tdk mungkin kita mempercayai sesuatu yg sementara kita tdk mengenalnya sama sekali, dan tdk mgkn kt menymbah sesutu yg semntara kita tdk tau siapa yg kt sembah,.

    Dan mengenal Suatu tdk semestinya kita melihat, conth semua org tau dan percaya bhwa nyawa itu ada tp tiada seorangpun yg bs melihatnya. dan bgtu jg Untuk mengenal Tuhan ini juga ada dalil2nya oleh karena itu kita harus mengkaji,da mempelajarinya spy kt bs menganl Tuhan yg sebenarnya.

    Kebenaran Suatu agama jangan dilihat dari pemeluk dan pengikutnya, karena pemeluk dan pengikutnya adalah manusia dan manusia itu memilki hawa nafsu dan dengan adanya Nafsu manusia timbul keinginan yg berbeda2 blh jadi hr ini berbuat yg baik dan hr esok akan berbuat yg salah dengan melanggar Hukum2/peraturan2 yg berlaku dlm satu agama.Oleh karena itu, utk mempercayai/menyakini kebenaran suatu Agama hrs dilihat dari ajarannya, dan untuk mengenal kebenaran ajaranya itu, kita hrs mempelajari dulu dan memahami betul2 tentang ayat2 yg tertulis dalam kitab pada Agama tersebut.

    “Hidup ini ada Tujuannya yaitu hanya ingin mendapat keridhaan disisiNYa, Tujuan Sama tp jalan berbeda, dan kita hrs berhati2 jngan sampai salah memilihnya.”

    Tertanda

    Saiful Hanafi
    ACEH TIMUR

    • Helloween
    • March 27th, 2011

    Ketidak adilan didepan mata.sekali-seratus kali.pelaku sama.dr bwhan sampai atasan.mata tdk buta,telingga jg tdk tuli.bukan pula org bodoh.apa yg dianutnya tdk dpt menyadarkannya.apa anutannya?benarkah anutannya?
    Cerminkanlah kesolehanmu sama seperti dgn kesucian agamamu.
    Sudah solehkah kamu?
    Dilain pihak..
    Dihina,ditindas,diperlakukan tdk adil,dll,tdk balas dendam, tp melainkan tetap diam.hanya berdoa pada Tuhan yg maha adil… sungguh mulia buat yg seperti ini.
    Kami yg tdk makan daging melihat itu smua benar2 kagum akan iman mereka.

    • janganlah menjadi ajaran islam yang sesat
    • April 20th, 2011

    lebih jelas lihatlah di youtube.com (biarawati masuk islam)
    banyak sarjana pastur dan biarawati yang masuk ke agama islam
    dengan mengelilingi dunia untuk mencari kelemahan islam
    mungkin jika melihat fideo ini akan sebih jelas lagi
    mengapa ketika natal ada pohon natal
    mengapa setiap gambar yesus ada gambar matahari
    dan mengapa natal dirayakan pada tanggal 25

    alasan mengapa mereka pindah ke agama islam
    dengan melakukan penelitian penelitian ajaran islam
    belilah Al-Qur’An untuk meneliti
    dan ingat

    Al-Qur’an diturunkan untuk semua umat manusia
    dan orang yahudi takut akan umat manusia mengakui kebenaran Al-Qur’an
    terima kasih

    • Helloween
    • April 20th, 2011

    lihat juga para ulama2 yg berpaling ke kristen.bnyk tuh.bahkan di indonesia ulama2 ustad2 yg terkenal.cont : ustad pemburu hantu,Imam hamran ambrie yg notabene salah satu penggerak muhammadiah.Klo mau lbh jelas lg lihat survei umat agama di dunia dan di indonesia.jelas bnyk bngt islam berpaling ke kristen,malahan islam skrng gencar2nya memerangi permurtadan.
    Pohon Natal hanyalah sebuah simbol saja.
    what gambar matahari?matahari dilangit uey..klo setiap kepala Yesus tampak sinar itu artinya kemuliaan.
    Setelah kurang lebih 500thn jaman Yesus tau2 alquran muncul dan mengklaim bahwa ajarannya saja yg benar itu sungguh luar biasa,krn dilihat dr sejarah tdk ada nabi dr keturunan arab.
    Terimakasih.Klo ada yg salah atau menyinggung harap dimaafkan.

    • Jamiel
    • April 25th, 2011

    Gmn sih,,nanggapi gitu aja kok repot..kan udh jelas adanya…kita ini punya akal..pake lah akal kita…mereka para pendebat baik2 kok..mereke hanay ingin membuktikan kitab Allah itu benar apa tidak di ukur dg ilmu pengetahuan, nah Qur’an sangat teruji..krn betul2 dari Allah..Agama lain silahkan…cari dan masukkan ke akal anda selagi masih masuk akal…pakai lah agama itu..tp apa kita mau mengikuti suatu hal yg gak jelas..ayo gunakanlah akal dan nurani kita…

    • Harris
    • April 26th, 2011

    Agama itu pasti ada petunjuk dan perintah Tuhannya (ini secara garis besarnya saja):

    Islam :
    Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan Menunaikan ibdah haji jikalau mampu.

    Kristen :
    Jangan ada padamu Tuhan lain di hadapanKu
    Jangan membuat patung yang menyerupai apapun yang dilangit atas atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air dibawah bumi.
    Jangan sujud menyembah kepadanya, atau beribadah kepadanya.
    Jangan menyebut nama Tuhan, Allahmu dengan sembarangan
    Tetaplah ingat dan kuduskan hari sabat
    Hormatilah ayahmu dan ibumu
    Jangan membunuh
    Jangan berzina
    Jangan mencuri
    Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu
    Jangan mengingini istri sesamamu dan harta-harta mereka

    seandainya melanggar bahkan membuat aturan selain hal tersebut maka telah menyimpang.

    Sekarang sudah banyak penelitian baik sejarah maupun sains, contoh sejarah tentang nama Kristen, kapan Nabi Isa disyahkan menjadi tuhan, sejarah para nabi, dll. contoh tentang sains : asal usul terciptanya jagat raya, janin, dll (kalau dikupas disini terlalu banyak). Tapi intinya bertentangan apa tidak dengan yang diterangkan dalam Kitab Injil maupun Al-quran, mana yang mendekati bahkan diakui kebenarannya. Kita sudah hidup dijaman modern dan berfikiran maju pasti bisa menelaahnya.

  6. Semah hi salib a nengkam tebe2 dongok, tuhen me peh nguk kona sikse ke, lelang kam bermeh tebe2..

  7. Mudah-mudahan agama lain diberi HIDAYAH oleh ALLAH swt. termasuk disini.

    • WOgo
    • June 4th, 2011

    Sudahlah, ga usah ribut saling mencaci…
    tonton saja…pikirkan…mudah-mudahan kita bertambah ilmu
    agamamu ya agamamu, agamaku ya agamaku…

    • yanto
    • June 9th, 2011

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه saya berpesan kepada umat kristiani semoga cepat cepat mendapat hidayah dari Allah SWT

    • fajar
    • June 25th, 2011

    kebenaran dari semua kitab itu akan terungkap kelak pada saat kiamat nanti,klo gw prnh dnger2 klo gk slah kta gru agama gua injil yg asli akan keluar dari perut bumi dan akan di paparkan di hadapan seluruh umat kristiani,betul gk?
    ..tapi buat apa di pikirkaan yang penting………….skrng gk ush di ributkan apalagi di jadikan bahan ejekan buat itu sebagai alat introspeksi diri……..

    • dodo
    • August 11th, 2011

    @Saif
    Pakai software IDM

    • ilham
    • August 18th, 2011

    al qur’an adalah rambu2 kehidupan ,, biarkan org yg punya telinga tp tak mendengar, punya mata tp tak melihat, mereka pasti mati sprti supir yg buta . .mengganaskan

    • eddy
    • August 25th, 2011

    Saya pernah nonton tapi nda pernah ampe selesai….

    Mu Down Load full dong…
    Tks All The Best

    • iman cess
    • September 4th, 2011

    islam itu agama yang indah,semakin dipelajari maka akan semakin nikmat, kenapa banyak orang islam melakukan pelanggarankarena mereka tidak mengamalkan alquran dan itu oknum bukan agamax yang salah. kenapa banyak orangg nasrani semakin tersesat karena mereka tidak menggunakan akal untuk mempelajari agamax (kitab ijilx)dan hanya menggunakan hawa nafsu. Allah itu esa (satu) artinya Allah tuhan yang harus disembah. Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan. jadi Allah dalam alquran tidak sama dengan Allah dalam alkitab sebab Allah dalam alkitab beranak dan punya bapak. astagfirullah, sadarlah saudara2 nasrani agar tidak lebih tersesat

    eddy :

    Saya pernah nonton tapi nda pernah ampe selesai….
    Mu Down Load full dong…
    Tks All The Best

    • muslim
    • October 10th, 2011

    pelajarilah islam niscaya kamuakan mendapat kebahagiyaan yang begituindah,,,,

  8. heh lo IDIOT dan ATEIS…Pandanganmu sempit..pikiranmu picik, kotor….!!! Laknat km @febryn budiman

  9. jauhkanlah fitna ada dari dirimu, karena engkau akan di murkahi Allah,
    kita semua akan meninggal tinggal hitung hari, kenapa sih ribut ribut tentang siapa yang salah dan siapa yang benar,
    yang benar ialah kita akan mati dan dikubur sehingga tdk bisa ngapa ngapaiin lagi, buat apalah debat itu , buat apalah bersilat lidah itu,
    biarkanlah mereka yg menganggap dirinya ahli agama berdebat satu denganyg lainnya, mereka tdk tahu sebentar lagi nyawanya dicabut allah , barulah mereka menyesal belum sempat berbuat baik selama di dunia ini. amin

    • ramahardiwijaya
    • November 28th, 2011

    jelas2 orang kristen tu cmn bsa ngndlin internet utk mnjwb semua pertaxaan orang islam,coba di cek ulang di debatxa rudy yohaness ehhh kiri knanxa da laptop,np tdak harus injil yg mnjawab

    • ramahardiwijaya
    • November 28th, 2011

    @rahmat
    orang kristen prcaya ma firman,roh kudus ma alah,bkn allah swt,yang menciptakan hambaxa nabi isa as,apa tu yesus,yohanes n yosua.cmn bknan blakng ja,ndak pernah aku liat dlm injil lo nabi isa mnamkn dirixa yesus kristus,to apalah tu yg jelas nabi isa tetaplah isa bin maryam,hamba allah n bukan anak alah

  10. perbedaan agama islam dan kristen di lihat dari umatnya

    islam kitabnya benar dan agamanya langsung dari Allah SWT. tapi umat islamnya jauh dari ajaran Islamnya..islam memerintah ke barat orang islam ke timur…islam mengajarkan kebaikan, kejujuran, keindahan tapi oang islamnya sebaliknya….meskipun tidak semua paling tidak ini menjadi fitnah agama islam yang mulia ini

    kristen kitabnya gak karuan menurut saya dan teman saya juga bilang dia bingung dengan kitabnya,tapi mau gak mau yakin aja tanpa diperiksa, dipelajari dan dikaji hanya dengan ocehan pendeta aja dan menerimanya mentah2. injil juga banyak versi, banyak revisi gak jelas asal-usul per ayatnya dan banyak perbedaan antara kitab satu dengan kitab lainnya…tapi umatnya harmonis. selaras dan mengikuti isi kitabnya meskipun tidak bisa dibuktikan secara ilmiah itu murni firman Tuhan…jadi meskipun agama mereka telah rekayasa dilihat akan terlihat benar karena umatnya benar meskipun tidak semua

    hidup ini aneh…apa benar yah iblis hanya mengacau dan merusak yang benar dan ingin menjadi benar dan yang salah atau sesuai dengan keinginannya tidak di kacaukan dan dirusak…

    tapi ingat perbedaan bukan berarti permusuhan dan perpecahan..jangan kaya zionis israel yang tiap hari berbuat dosa membunuh tapi tak ada hukum dunia yang menghukumnya..

  11. dengarlah wahai teman !!!.. seorang anak kecil sedang bermain layangan di dekat sebuah gereja,, lalu layangannya itu nyangkut di pohon… anak itu berdoa…. dalam gereja sambil melihat ke yesus… wahai yesus… engkau maha pengasih dan penyanyang… kalau benar engkau tuhan yang baik,,, tolong ambilkan layangan saya yang nyangkut di pohon… doa anak kecil tsb…

    yesus menjawab : boro-boro nulungan sia,, aing ge ges cangkeul di salib terus di gantung…. ges teu kuat hanyang modol,,,,

    : kesimpulannya : simpulkan sendiri,,,

    sorry bukan maksud mempropokasi,, ini sebagai masukan buat anda yang mempunyai akal sehat dalam memilih agama dan tuhan..

  12. Saya jadi teringat 6 tahun yg lalu, video ini pertama saya mengenal perbandingan agama.

    • herman 42114
    • January 16th, 2012

    untuk apa lgi kmu ragu… al-quran tdak ada keraguan dan tidak ada kesalahan… jika ia buatan muhammad, maka muhammad hanya manusia, harus bisa ada yg salah, namun padanya tak ada kesalahan maka jelaslah itu dari allah azza wajalla… qul huwallahu ahad….. allah cman 1, bkan 2, apalagi 3

  13. debat yang dilakukan oleh kedua tokoh agama tersebut, menurut saya sangatlah berbobot. namun dari video yang saya saksikan, yang mana hanya secara singkat ditayangkan, tidak saya temui tujuan yang diharapkan. meskipun ada dari pihak islam tidak setuju dengan penjelasan dari pihak kristen, tp menurut pihak kristen itulah yang benar dan begitu juga sebaliknya. apa yg dijelaskan dari pihak islam, tidak disetujukan oleh dari pihak kristen, tp menurut pihak islam itulah yang benar. dan tp meskipun demikian banyak informasi-informasi yang kita dapat dari video tersebut. dan semoga video tersebut menjadi bermanfaat bagi kita semua dan semoga berpikir positif dalam menanggapinya!

  14. yang betul aja bung,apakah ayat yang anda maksud bisa dalakukan? lha wong belum difitnah saja umat kristen udah duluan nyebar fitnah

  15. helloween :

    Jangan mengkaji agama.itu sama saja dengan mengkaji Tuhan YME.
    Kajilah saja prilaku para pemeluk agama tersebut.

    loh kok liat prilaku pemeluknya..yang benar pelajari ajaran agamanya…bisa saja ajarannya betul tapi penganutnya keliru…pakai otak sedikiiiitt saja..

    • yani
    • April 5th, 2012

    sdah la kwan2 smua na…
    agama tu bkan tuk d perdebatkn tp d plajari n’ d amalkn…
    wsslm

    • hamba tuhan
    • April 18th, 2012

    buat umat muslim di manapun berada kalo memang kalian mengimani Alquran dan menjalankannya coba deh buka Alquran surat 43 Az Zukruf ayat 60 yang isinya Dan sesungguhnya dia Isa (Tuhan Yesus) adalah suatu pertanda hari kiamat, janganlah kamu ragu-ragu tentang hari kiamat, dan ikutlah Aku, inilah jalan yang lurus. dan baca juga surat 4 An nisa ayat 158 isinya Dan tidak ada seorang pun dari ahli kitab melainkan akan beriman kepada Isa (Tuhan Yesus) sebelum matinya, dan pada hari kiamat dia menjadi saksi terhadap mereka. apakah kalian mau mengingkari isi Alquran GBu,Tuhan Yesus Memberkati.

    • aVr0DitH
    • May 17th, 2012

    Video ini benar… Sebelumnya maaf bukan karna saya seorang muslim.. Saya membenarkan video ini.

    Video ini diambil dari chanel TV. Apa yang diterjemahkan tidak ada yang dirubah. Agar indonesia juga mudah mendengarkan maka diterjemahkan dgn bahasa indonesia…

    Bila kita tidak percaya dengan video ini.
    Maka anda harus percaya dengan sikap Dr cambell.

    Saya sudah melihat secara keseluruhan video ini.
    Dan benar Dr cambell menyanggahnya dengan hal yang tidak masuk akal.

    Contohnya dalam ayat bible diterangkan ”bahwa bila anda percya dan yakin pada yesus anda akan terselamatkan dari racun yang mematikan”

    Untunglah Dr naik tidak meminta cambell meminum racun.

    Namun cambell memberitakan bahwa temannya selamat dari racun setelah membaca ayat di atas.
    Mari kita analisa…

    Kalau jawaban cambell itu benar, kenapa orang tersebut tidak di populerkan agar makin yakin bahwa bible benar..

    Dan sikap cambell begitu gugup setelah mendengar Dr naik berkata

    Dr naik” dengan melihat isi buku yang ditulis dr cambell yang menjelaskan antara al-qur’an dan injil, saya (Dr naik) yakin kalau Dr cambell adalah orang yang taat dan mengimani injil, maka saya (Dr naik) meminta anda (dr cambell) mengkonfirmasi ayat ini”

    Dari hal ini. Dr cambell gugup.
    Namun dr naik tak bermaksud meminta Dr cambell meminum racun. Namun Dr naik memina Dr cambell menghafal kan bahasa asing. Seperti yang ada di ayat bible…

    Masih bayak sekali sikap cambell yang tertangkap kamera. Dengan diam b0lak balik buka alkitab tanpa dibaca…

    • kassih05
    • May 21st, 2012

    gak da yg harus diperdebatkan rasanya.. karna kebenaran itu.. ada di dalam hati kita masing masing
    gak usah saling menghina… karna gak ada 1 pun manusia yg berhak menghakimi orang lain.. kalo merasa agamanya paling baik.. tunjukin aja dengan perbuatan. GBU

    • kassih05
    • May 21st, 2012

    kebenaran itu ada di dalam hati kita masing masing… gak usah diperdebatkan.. apalg jatuh2nya menghina agama lain.. ingat ya.. semua itu akan terlihat di hari penghakiman.. jadi kalo merasa agamanya paling benar. tunjukin aja dengan perbuatan.. bukan dengan menghakimi agama lain.. karna gak ada 1 manusia pun yg berhak menghakimi orang lain.. apalagi menghina… GBU

    • udah tau di nas masih di debatin
    • May 22nd, 2012

    bagi para saudara/i ku yang mengenal rukun iman 1-6
    kurasa itu sudah cukup bagi kalian untuk tidak melayani mereka yang tidak punya seperti kita,,

    1. Percaya kepada Allah SWT
    2. Percaya kepada Rosul Allah
    3. Percaya kepada Malaikat Allah SWT
    4. Percaya kepada Kitab Allah
    5. Percaya kepada Hari Kiamat / Hari Akhir
    6. Percaya kepada Qada dan Qadar

    tuhan orang kristen ada 3
    coba di pikir secara rasio,,,

    jika tuhan itu ada 3 dan ke 3nya ingin menghedaki secara bersamaan
    contoh,

    jika tuhan yang ke 1 menghendaki ingin menurunkan hujan
    tuhan yang ke 2 menghendaki ingin tidak menurunkan hujan
    dan yang ke 3 ingin memberi bencana besar,,,

    waduh bisa berantakan ni alam,,,,,,,,,,, kwkwkwk

    • agra
    • June 1st, 2012

    dari perbincangan2 yang ada, maka tampaklah mana yang benar dan mana yg salah yang jelas bibel kedodoran.

    • jesuiter
    • June 9th, 2012

    buat “hamba tuhan” coba baca baik baik surat 43 az zukhruf ayat 59 sd 64.
    dan coba baca juga surat 4 Annisa ayat 157 sd 159.
    dan jangan lupa dibacakan ayat ini pada anak anak saat sekolah minggu yaitu kitab yehezkiel 23; 1-49,

    • joeblack
    • June 10th, 2012

    Woii… demen amat lu-lu pada menghakimi agama lain, introspeksi diri dong… kelakuan lu udah sesuai ama ajaran agama lu ngga??? kaya paling ngerti ajaran kristen aja…. seakan-akan lu lebih ngerti dari penganutnya, Bagusan lu belajar alquran yang bener dan amalkan apa isi alquran,…. ckckckck…. istigfar broo…. subanhallah….

    • dosen sekolah minggu
    • June 13th, 2012

    yg jelas saya ga mau menyembah org yg di salip, ato apalah yg sejenis itu.. salip tu baeknya buat jemur pakaian, biar cpat kering, bukan tuk di sembah…
    dah jelas2 manusia, ko disembah,, mang manusia bsa bikin nyawa ya.? yg bikin nabi isa tu punya nyawa adalah ALLAH… mikir atuuu,, jagn bego wahai org2 kriten,, masa manusia nyembah manusia,, tu sama saja dgn jeruk makan jeruk… BEGOOO… FUCK….

  16. ” Ketahuilah hai ummat manusia tentang kebenaran tuhan, ” Tuhan itu hanya satu (1)…hanya 1…hanya 1 ” Kenapa 1? … repot deh banyak tuhan, tiap hari harus rapat terhadap permasalahan manusia yang beraneka ragam perilaku dan kemauanya dg berbagai kebaikan dan keburukan, makanya tuhan dikatakan MAHA KUASA krn Dia mampu mengatur dan menetukan segalanya krn sifatnya seperti itu, makanya Dia dikatakan Tuhan, : … kalau rame2 tuhan… itu namanya penguasa-penguasa bukan tuhan, kenapa? kalau terdiri dari penguasa2 maka hal itu sifatnya manusia bukan sifat tuhan artinya adalah manusia yang dituhankan krn kebaikan akhlaknya… bukan tuhan yang sesungguhnya. Memang benar semua tuhan mengajarkan kebaikan .. bukan berarti manusia yang menyebarkan kebaiakan itu namanya TUHAN tetapi dia adalah manusia yang mengikuti ajaran TUHAN. Ingatlah TUHAN bukan Manusia dan Manusia bukan TUHAN … Tuhan itu tidak Bersekutu dan Tidak pula Disekutukan, … yang bersekutu adalah semisal Amirika dan Sekutunya krn itu mereka bukan tuhan, wl banyak manusia men-Dewa-kan Amerika karena kekuasaanya atas kemampuan keuangan dan teknologi, sehingga mereka terikat dan tunduk pada kebijakan mereka atas stempel Super Power yang mereka pegang. Sadarlah … kl menusia di-tuhan-kan itu namanya Jeruk minum jeruk, seperti kalangan HOMOSEK dan LESBIAN, ketimpangan hidup yang dibenarkan Amerika, pertanyaannya … Apakah Injil (ajaran kristen) membenarkan hal itu dengan alasan Demokrasi dan HAM tentu TIDAK, kalau Ya itu menafikan kebenaran Tuhan mereka sendiri, Injil juga melarang hal itu, … lalu kenapa demi alasan Demokrasi dan HAM mereka menafikan Tuahannya… inilah jawabannya Yesus itu bukan Tuhan dan bukan pula anak Tuhan ” Tuhan Tidak Beranak dan Tidak Diperanakkan “, krn memang Tuhan itu Maha Esa, maksud kata Tuhan itu tidak tidak dapat dipersekutukan, liatlah kata Tuhan, … hanya satu kata BUKAN TUHAN2 … Hebatnya Ummat Islam karena mereka percaya Tuhan SATU DARI DULU SD SELAMANYA, ummat yang konsisten atas kebenaran tuhan, … Ummat Islam akan menentang lahirnya tuhan-tuhan baru …yang hanya karena merasa orang baik lalu menyatakan dirinya sebagai Tuhan dan nabi-nabi baru, walau dengan alasan Demokrasi dan HAM yang ditebarkan Amerika dalam mencari simpati dunia mereka rela menafikan ajaran Injilnya, makanya banyak pemuda-pemuda dan ilmuan Amerika/Barat sekarang mulai galau atas ketimpangan perilaku kebijakan pemerintahnya dengan kebenaran Injil yang mereka yakini, akhirnya mereka mencari kebenaran tuhan diluar agamanya dengan mencari agama yang mengajarkan manusia secara Konsisten akan kebenaran Tuhan, akhirnya mereka menemukan jawaban ISLAMLAH agama yang benar2 Meng-Esa-kan tuhan yang Maha Kuasa yang Benar dan Konsisten menjalankan ajarannya. Mereka sudah bosan dengan kebebasan yang ke-bla2-san tak terkendali atas alasan Demokrasi dan HAM yang tidak berimbang dan TAK BERUJUNG (tujuan yg jelas), kebiasaan membenarkan diri sendiri tanpa sikap introspeksi diri sendiri… Kenapa lagi ini? krn kepentingan politik bangsa barat yang punya sifat men-Dewa-kan gaya hidup Hidonisme dan Materialisme dan di dukung oleh media yang memang kebanyakan dimiliki oleh tokoh2 politik untuk mempengaruhi suara dalam setiap pemilu, sayangnya masyarakatnya terprovokasi atas ambisi penguasa-penguasanya (bukan tuhan). Akhirnya akibat ulah penguasa itu yang tidak jujur dalam kebijakan … membuat masyarakatnya mencari agama yang benar… dan lebih 20.000 Amerika memilih ISLAM yg dulunya dibenci … dan setelah diteliti dan dikaji akhirnya mereka MENDAPAT JAWABANNYA dan ISALAMLAH (DAMAI) ) selaku agama yang mengajarkan kebenaran sejati dan memilik komitmen tinggi atas kebenaran pada ajarannya tidak bisa diotak atik- diolah-olah dan dirobah-robah dalam menyesuaikan dg pemikiran manusia yang berkuasa dan hal ini diikuti oleh bangsa barat lainnya, seperti Jerman, Inggris, Belanda dan bumi belahan eropa lainnya tanpa ada prosen Islamisasi dan Missionaris gaya kristen. Meraka sadar hanya untuk mendapatkan kebenaran : Subhanallah sungguhlah Benar FirmanMu ya Allah ” …. jangan kamu sangka apa yang baik bagimu itu baik untukmu, boleh jadi itu buruk bagimu …. dan jangan kamu sangka apa yang buruk untukmu itu buruk bagimu, boleh jadi itu baik bagimu … ”
    Anda gak usah percaya apa yang saya katakan … tapi percayah pada hati anda atas sebuah kebenaran…. kajilah hati anda pasti tak berbohong ” Jangan terlalu cinta krn banyak orang jadi korban krn cintanya – jgn terlalu sayang krn banyak orang yang anda sayangi meninggalkan anda … terlalu jangan…”

  17. dasar manusia bodoh smw yg menghina agama lain,agama tu tdk lah salah para org2 tolol,tp manusia nya yg slh,ter msk lo smw yg berdebat dgn agama,kl merasa agama lo tu bnr y bnr ma lo aja jgn jd hina agama org lain,goblok kln smw

  18. lo jja nenok yang bego ……
    dasar orang komunis lo…..
    jngan menghina kayak gitu.. intropeksi diri lo sblum menilai org lain……
    dsar setan berwajah manusia

    • dixzon
    • July 23rd, 2012

    Satu yang kalian tidak tau? kalau yang di lakukan mereka ini adalah sama Saja dengan mencobai Tuhan Allahmu, Jelas di katakan di dalam Alkitab yang ada berbunyi: JANGANLAH MENCOBAI TUHAN ALLAHMU. yang kristen pasti mengerti.

    • Cah bagus
    • October 10th, 2012

    Kristen2 agama penjajah sungguh busuk n biadab mental spiritualmu

  19. Klik juga 100 kebenaran alquran

  20. Marilah kita menyembah kepada hanya 1 Tuhan saja.Innaaddiina indallahil islam.

    • centipede
    • January 9th, 2013

    Sudah sudah ikan mau bobo
    Jangan saling menghujat dan mencela

    Tapi tetep aja :

    My dick is bigger than JeSus punk asshole
    And my dick is bigger than your Christ bitch

    And for yahudi too

    • YESUS
    • January 9th, 2013

    Hei kalian ngapain bilang-bilang saya tuhan kurang aja udh di cantolin di salib dipaku lagi ampe bolong nih tangan, cuma dipakein kolor dekil kumel.beliin boxer kek atau g-string. Mana Sudah disiksa dibilang tuhan saya jadi di cela nih sama orang-orang kalian para kristen katok bosok maupun protes terus bubar kalian pulang ke neraka ikut sama saya. Itu injil palsu tau. Jadi orang bikin pusing aja dasar kalian kristen tidak tahu diri . Emang kalian mau ditempel di salib kaya saya.?? Mau tidak Pakai lem alteco . Kalo mau nih pin saya 33B35D add bilang langsung sama saya. Dasar kalian sinting dasar kalian sudah salah menhina agama lain. Mana tuh yahudi tukang adu domba ?? Saya tempelin kolor dekil. Saya ke mukanya biar mabok kena bau jembut saya yang sudah tidak mandi 10000000000 tahun.

    • NUMINU
    • January 12th, 2013

    TUHAN tidak perlu di BELA….
    kalo KALIAN semua mencari KEBENARAN TUHAN (Penguasa di ATAS SEGALANYA) maka carilah dgn KEJUJURAN serta AKAL SEHAT klian
    dan jgn MEMBENARKAN TUHAN krna tuhan sudah pasti benar
    klo d ibaratkan dr smua prdebatan klian TUHAN dr BERBAGAI AGAMA it seperti PESERTA lomba dan KALIAN para jurinya

    karena manusia bebas beragama MAKA
    agamamu2 agamaku2 tanpa PAKSAAN n CACI MAKI
    SEKALI LAGI bwat semuanya
    jika KALIAN memang mencari dan mencintai KEBENARAN TUHAN maka carilah dan KAJILAH TUHAN kalian masing2 melalui KITAB2NYA
    KAJILAH dgn AKAL SEHAT dan bukan dgn HAWA NAFSU

    buat saya ISLAM dan Al-Qur’an yg memang MASUK AKAL dr pd lainnya

    • Diva Ardie
    • March 16th, 2013

    Alkitab memang tdk akan bisa di mengerti sebelum di bukakan pikirannya oleh Yesus. 3.5 mdilyar umat Kristen yakin dgn Alkitabnya krn nubuatnya Kejadian 16 : 12 terbukti dari sifat dan perbuatan keturunan Ismael yg selalu membuat permusuhan dgn siapapun termasuk dgn sdr2 seimannya sendiri,spt yg sedang terjadi di negara2 Arab/islam.

    @herman 42114

    • rahmat
    • April 22nd, 2013

    sesungguhya agama yang paling benar adalah ISLAM!

    • Gyan Van Adam
    • May 28th, 2013

    Agama Adalah Sarana Membawa Kita Menuju Sorga Tapi Bukan Agama Yang Menyelamatkan Kita Dari Hukum Tuhan Melainkan Diri Kita Sendiri…,,, Biarlah Orang Orang Pintar Mencari Kebenaran Menurut Kepercayaan Mereka Masing Masing..,,, Namun Kita Tetaplah Teguh Pada Iman Dan Kepercayaan Kita Kepada Tuhan..,, Aku Menarik Kesimpulan dari Semuanya Biarlah Kita menjadi berkat bagi Banyak Orang Dan Bukan Menjadi Beban Apalagi memaksakan Kehendak kita Pada Orang Lain…,,, Ingat Jangan Membuat Tuhan Menangis Dengan Tindakan Kita…….. Ampunilah Kami Orang yang Berdosa Ini Ya Tuhan AMIN…

    • Ramdan
    • November 26th, 2013

    Berkat ada nya vidio ini sebelum nya yakin dan percaya terhadap agama saya, sekarang jadi bermiliyar-miliyar bahkan tak tak terhinga keyakinan terhadap agama saya ya itu AGAMA ISLAM, secara logika saja kita bisa membedakan mana yang masuk akal dan tidak masuk akal,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: