BELAJAR UNTUK TEST MATEMATIKA (SUKSES DI MATEMATIKA BAG.2)

Tips tentang cara belajar matematika, bagaimana pendekatan pemecahan masalah, bagaimana belajar dan mengambil tes, kapan dan bagaimana untuk mendapatkan bantuan.

http://moestumpil.files.wordpress.com/2008/12/learning1_1.jpg

Belajar Setiap hari adalah Bagian Besar Persiapan Tes

kebiasaan belajar yang baik sepanjang semester memudahkan untuk belajar untuk tes.

  • kerjakan pekerjaan rumah ketika diberikan. Anda tidak bisa berharap untuk menjejalkan pekerjaan rumah 3 atau 4 minggu. Jangan tunggu hingga menumpuk, itu hanya akan memberatkan anda.
  • Pada tes Anda harus memecahkan masalah; masalah pekerjaan rumah adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan latihan. Ketika Anda mengerjakan pekerjaan rumah, buatlah daftar dari rumus dan teknik penyelesaian untuk digunakan nanti saat Anda belajar untuk tes.
  • Ajukan pertanyaan Anda kepada Instruktur pada saat terjadi, jangan tunggu sampai satu atau dua hari sebelum ujian. Pertanyaan yang Anda ajukan tepat sebelum ujian harus membersihkan detail-detil kecil.

Belajar untuk Test

  • Mulailah dengan pergi ke setiap bagian, tinjau catatan Anda dan periksa bahwa Anda masih bisa menyelesaikan masalah pekerjaan rumah. Gunakan contoh kerja dan catatan untuk menutupi/memperbaiki solusi dan pekerjaan masalah sendiri. Periksa pekerjaan Anda terhadap solusi yang diberikan.
  • Anda belum siap! Dalam buku setiap masalah muncul di akhir bagian di mana Anda belajar: bagaimana untuk masalah tersebut, pada tes masalah dari bagian yang berbeda bersama-sama.
  • Juga:
  • kembali lagi dan tanya pada diri sendiri apa masalah yang Anda telah pelajari bagaimana menyelesaikannya, apa solusi dan teknik yang telah Anda pelajari, dan bagaimana cara menerapkannya dalam masalah.
  • Cobalah untuk menjelaskan dengan suara keras, dalam kata-kata Anda sendiri, bagaimana setiap strategi solusi digunakan (misalnya bagaimana cara memecahkan persamaan kuadrat). Jika Anda merasa bingung saat ujian, Anda dapat kembali ke mental verbal Anda “instruksi kapsul”. Periksa penjelasan verbal Anda dengan teman selama sesi studi (ini lebih menyenangkan daripada berbicara kepada diri sendiri!).
  • Tempatkan diri Anda dalam situasi tes-seperti: masalah kerja dari bagian review di akhir bab, dan tes kerja lama jika Anda dapat menemukan beberapa. Sangat penting untuk tetap menylesaikan masalah sepanjang waktu Anda belajar.
  • Mulai belajar dari awal. Beberapa hari ke seminggu sebelum tes (lakukan lagi untuk final), mulai membagikan waktu di jadwal Anda untuk memeriksa apa yang telah Anda pelajari  untuk ujian.
  • Dapatkan banyak tidur malam sebelum ujian. Tes matematika lebih mudah bila Anda secara mental tajam.

Mengambil Test Matematika

Strategi Mengambil Matters (Ukuran)

Penting untuk berpikir tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu belajar Anda (selain untuk benar-benar belajar), penting untuk berpikir tentang strategi apa yang akan Anda gunakan ketika Anda mengambil tes (selain untuk benar-benar melakukan masalah pada test). Mengambil strategi tes yang baik dapat membuat perbedaan besar bagi kelas Anda!

Mengambil Test

  • Pertama-tama lihatlah ke seluruh tes. You’ll get a sense of its length. Anda akan mendapatkan rasa pada hal ini. Cobalah untuk mengidentifikasi masalah-masalah, Anda pasti tahu bagaimana melakukannya segera, dan yang Anda harapkan harus dipikirkan.
  • Apakah urutan masalah yang cocok untuk Anda! Mulailah dengan masalah yang Anda yakin bisa Anda lakukan. Hal ini akan membangun rasa percaya diri dan berarti Anda tidak kehilangan poin apa pun hanya karena Anda kehabisan waktu. Kemudian cobalah masalah yang Anda pikir Anda dapat ketahui, kemudian akhirnya mencoba menyelesaikan masalah yang Anda paling yakin bisa anda  selesaikan.
  • Waktu adalah dari esensi – bekerja dengan cepat dan terus menerus. Anda bisa melakukannya saat masih mengerjakan suatu masalah, hal ini akan terbaca dan menunjukkan semua pekerjaan Anda. Jika Anda terjebak pada sebuah masalah, beralih ke massalah lain – Anda dapat kembali lagi nanti.
  • Work by the clock (Bekerja dengan jam). Pada menit 50, 100 uji titik, Anda memiliki sekitar 5 menit untuk titik pertanyaan 10. Dimulai dengan pertanyaan mudah mungkin akan menempatkan Anda di depan jam. Ketika Anda bekerja pada suatu masalah sulit, habiskan waktu yang diberikan (misalnya, 5 menit) pada pertanyaan itu, dan jika Anda belum hampir selesai itu, pergi ke masalah lain. Jangan menghabiskan waktu 20 menit pada masalah yang akan menghasilkan sedikit atau tidak ada poin bila ada masalah lain masih harus dicoba.
  • Show all your work. Tampilkan semua pekerjaan Anda: membuatnya semudah mungkin bagi Instruktur untuk melihat berapa banyak yang Anda ketahui. Cobalah untuk menulis dengan alasan solusi. Jika jawaban Anda adalah tidak benar, Instruktur akan memberikan kredit parsial berdasarkan pekerjaan yang Anda tampilkan.
  • Jangan buang waktu! Tidak hanya membuang waktu yang berharga, namun Anda dapat menemukan kemudian bahwa Anda menghapus sesuatu yang berguna (dan / atau mungkin layak Membuatnya menjadi partial credit jika Anda tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut). Anda (biasanya) tidak dibutuhkan untuk mencocokkan jawaban Anda di tempat yang tersedia.
  • Dalam langkah beberapa masalah garis besar langkah-langkah sebelum benar-benar bekerja masalah.
  • Jangan menyerah pada bagian beberapa masalah hanya karena Anda tidak dapat melakukan bagian pertama. Cobalah bagian yang lain, jika solusi yang sebenarnya tergantung pada bagian pertama, setidaknya menjelaskan bagaimana Anda akan melakukannya.
  • Pastikan Anda membaca pertanyaan dengan hati-hati, dan melakukan semua bagian dari setiap masalah.
  • Verifikasi jawaban Anda – masuk akal atau tidakkah setiap jawaban yang diberikan dalam konteks masalah?
  • Jika Anda selesai lebih awal, periksa setiap masalah (yang berarti ulang semuanya dari awal).

Getting Assistance (Mendapatkan Bantuan)

When…?

Dapatkan bantuan segera setelah Anda membutuhkannya. Jangan menunggu sampai tes adalah dekat. Bahan baru dibangun pada bagian sebelumnya, sehingga apa pun yang Anda tidak mengerti sekarang akan menjadi bahan pad hal-hal berikutnya yang sulit dimengerti.

Gunakan Sumber Daya Anda Memiliki Tersedia

  • Ajukan pertanyaan di kelas.Dapatkan bantuan dan tetap terlibat secara aktif dalam kelas.
  • Kunjungan Instruktur pada Jam Kantor. Instruktur ingin melihat siswa yang ingin membantu diri mereka sendiri.
  • Tanyakan teman-teman, anggota kelompok studi Anda, atau siapapun yang dapat membantu.Teman-teman sekelas akan menjelaskan sesuatu kepada Anda, belajar seperti halnya yang Anda lakukan, karena dia harus berpikir hati-hati tentang bagaimana menjelaskan konsep tertentu atau solusi dengan cara yang jelas. Jadi jangan enggan meminta teman bantuan pada teman sekelas.
  • Pergi ke “Help Math tutoring” Sesi atau sesi lainnya di kampus.
  • Cari tutor pribadi jika Anda tidak bisa mendapatkan cukup bantuan dari sumber lain.
  • Semua pelajar memerlukan bantuan di beberapa titik, jadi pastikan untuk mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan.

Asking Questions (Mengajukan Pertanyaan­)

Jangan takut untuk bertanya. Pertanyaan apapun lebih baik daripada tidak sama sekali pertanyaan setidaknya Anda atau tutor Instruktur (akan tahu Anda bingung). Tapi pertanyaan yang baik akan memungkinkan menolong Anda untuk dengan cepat mengidentifikasi apa yang Anda tidak mengerti.

  • Not too helpful comment: “Saya tidak mengerti bagian ini.” The best you can expect in reply to such a remark is a brief review of the section, and this will likely overlook the particular thing(s) which you don’t understand. Yang terbaik yang dapat Anda harapkan dalam membalas komentar tersebut adalah sebuah review singkat bagian tersebut, dan ini akan cenderung mengabaikan hal tertentu (s) yang Anda tidak mengerti.
  • Good comment: “I don’t understand why f(x + h) doesn’t equal f(x) + f(h).” komentar yang baik: “Saya tidak mengerti mengapa f (x + h) tidak sama dengan f (x) + f (h).” This is a very specific remark that will get a very specific response and hopefully clear up your difficulty. Ini adalah pernyataan yang spesifik yang akan mendapatkan respon yang sangat spesifik dan mudah-mudahan jelas sampai kesulitan Anda.
  • Good question: “Bagaimana Anda bisa membedakan antara persamaan lingkaran dan persamaan garis?”
  • Okay question: “Oke pertanyaan: “Bagaimana Anda menyelesaikan # 17?”
  • Better question: “Tolong tunjukkan bagaimana menyiapkan # 17?” Instruktur dapat membiarkan Anda mencoba untuk menyelesaikan masalah sendiri), atau “Ini adalah bagaimana saya mencoba melakukan # 17, Apa yang salah?” Fokus perhatian pada proses pemikiran Anda.
  • Tepat setelah Anda mendapatkan bantuan terhadap masalah tersebut, selesaikan masalah yang lain yang sama sendiri.

Mengontrol Bantuan Yang Anda Dapatkan

Penolong harus menjadi pelatih, bukan penopang Anda. Mereka harus mendukung Anda, memberikan petunjuk saat Anda membutuhkannya, dan kadang-kadang menunjukkan cara untuk melakukan masalah. Tapi mereka tidak seharusnya, atau diharapkan untuk, benar-benar melakukan pekerjaan yang Anda perlu lakukan. Mereka ada untuk membantu Anda mengetahui cara belajar matematika untuk diri sendiri.

  • Jika Anda pergi ke jam kantor, kelompok belajar atau tutor Anda, memiliki daftar pertanyaan khusus dipersiapkan sebelumnya. Anda seharusnya menjalankan sesi sebanyak mungkin.
  • Jangan biarkan diri Anda menjadi tergantung pada guru privat. Guru tidak bisa mengambil ujian untuk Anda. Anda harus berhati-hati untuk menjadi salah satu yang mengendalikan les sesi.
  • Anda harus menyadari bahwa kadang-kadang Anda perlu beberapa pembinaan untuk membantu Anda melewatinya, dan terserah kepada Anda untuk mencari pelatihan itu.

Sumber:  Departemen Matematika dan Ilmu Komputer
SAINT LOUIS UNIVERSITY

  1. Wahhh,, mantabs nih tips nya.. akan coba diterapkan di lembaga les privat bandung saya. Nice sharing

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: